https://www.youtube.com/watch?v=7mWQ38SpEf8

Minggu, 09 April 2017

Minuman khas Ternate

Ternate - Pulau Ternate dan Halmahera di Maluku Utara punya minuman khas bernama guraka. Rasanya yang pedas manis dan hangat, cukup untuk menghangatkan dan menyegarkan badan. Mantap!

Beda pulau dan kota di Indonesia, berbeda pula minuman khasnya. Minuman yang lebih dari sekedar barang tradisional, namun juga dicari traveler karena rasa penasaran ingin mencoba. Bagi yang traveling ke Ternate, Halmahera dan Halmahera Utara di sekitar kawasan Maluku Utara, jangan lupa mencicipi air guraka.

Di daerah-daerah yang sudah disebutkan sebelumnya, air ini begitu mudah ditemukan di warung-warung makan di pinggir jalan. Dengan harga mulai sekitar Rp 5.000-an. detikTravel pun pernah mencicipinya ketika berada di sana.

Air guraka dan pisang goreng yang enak disantap (halmaherautara.com)


Menurut situs resmi pariwisata Halmahera Utara seperti ditengok detikTravel, Kamis (28/7/2016) air guraka terbuat dari gula aren, jahe dan kenari. Cara membuatnya, jahe parut dan gula aren direbus terlebih dahulu dengan air hingga mendidih. Kemudian disaring sebelum disajikan, agar racikan jahe dan gula tadi menyatu. Sedangkan kenari, ditambahkan setelah air guraka siap disajikan sebagai pelengkap.

Tampilannya berwarna pekat. Hangat jahe dan manisnya gura aren langsung menghentak kerongkongan, begitu Anda meminumnya. Bagi pecinta yang manis-manis silakan tambahkan susu kental manis. Rasa gula aren berpadu dengan rasa susunya yang manis. Sekaligus, susunya juga sedikit menghaluskan rasa jahenya yang kuat.

Air guraka cukup menyegarkan badan, serta memberi kehangatan. Asyiknya, minum air guraka di sore hari saat sedang santai dan ditemani pisang goreng, seperti yang biasa dilakukan masyarakat Ternate, Halmahera dan Halmahera Utara. Merasakan suasana senja sebagai penutup hari bersama air guraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar