https://www.youtube.com/watch?v=7mWQ38SpEf8

Kamis, 06 April 2017

minuman khas DKI Jakarta

5 Minuman Khas Betawi yang Bikin Gagal Move On!
Rabu, 25/06/2014 - 10:08 WIB
gambar-artikel / Kecil / makro-coctail-kaca-minuman-es-lime-othes-650x400.jpg
Sumber: travelkota.com
Jakarta -
Sobat Souja, setelah beberapa waktu lalu kami membahas mengenai 5 makanan khas Betawi paling lezat, kurang afdol apabila minuman khas ibu kota luput dari pembahasan. Berikut ini 5 minuman khas Betawi yang rasanya sangat nikmat. Hati-hati Sobat souja, ada efek samping yang ditimbulkan bila mengonsumsi minuman-minuman yang dimaksud, yaitu gagal move onloh kok bisa? Maksudnya, gagal move on ke minuman lain. Apa saja minuman khas Betawi paling enak?

Es Doger          
  
Minuman ini adalah salah satu minuman kegemaran warga Jakarta saat siang hari ataupun ketika berkumpul dengan sahabat dan keluarga di rumah. Komponen utama dalam es doger adalah es serut yang dicampur tape ketan, singkong, susu kental manis, ketan hitam dan roti tawar. Sebagai campuran aroma dan rasa, ditambahkan pula syrup coco pandan atau strawberry. Rasanya? enaak!
Bir Pletok
  
Ups, bir disini bukan bir yang mengandung alkohol melainkan ramuan rempah-rempah penjaga kebugaran stamina. Dibuat dari campuran serai, kapulaga, kayu angin, jahe merah, royal jelly dan rempah-rempah tambahan lainnya. Minuman ini akan menimbulkan efek hangat di tenggorokan saat diminum sehingga cocok diminum saat malam hari atau saat hujan turun.
Es Goyang
  
Sesuai namanya, pembuatan es goyang dilakukan dengan cara menggoyang-goyangkan gerobak yang berisi bahan dasar es tersebut, seperti santan, gula, susu kental manis dan berbagai eccents atau perasa buah. 
Es Cendol
  
Es cendol merupakan minuman paling populer tidak hanya berada di betawi saja. Terbuat dari tepung beras ditambah gula merah dan es parut.
Es Selendang Mayang
  
Terbuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan tepung sagu kemudian dibentuk seperti agar-agar dilengkapi dengan kuah yang menggoyang lidah. Lalu kenapa disebut selendang mayang? rupanya karena bentuk adonan menyerupai agar-agar dan kuiah santan yang berwarna putih mengingatkan kita pada bentuk selendang. Sayangnya pedagang es selendang mayang mulai sulit ditemukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar