https://www.youtube.com/watch?v=7mWQ38SpEf8

Kamis, 06 April 2017

makanan khas Wakatobi

1. Kasoami

Jenis makanan yang satu ini, merupakan makanan pokok atau wajib bagi masyarakat setempat, jangan heran jika anda berkunjung ke Wakatobi banyak melihat masyarakat yang lebih suka makan kasoami ketimbang nasi.
Kasoami Wakatobi

Cara membuat makanan ini pun masih dikerjakan secara tradisional, bahan baku yang digunakan berasal dari singkong yang di parut ataupun digiling, kemudian hasil parutan singkong diperas hingga kering dan menyisahkan ampas.
Hasil ampas tersebut kemudian dijemur di bawah terik matahari selama beberapa jam. Setelah itu kasoami siap untuk diolah, cetakan yang digunakan berasal dari anyaman daun kelapa yang tua kemudian dibuat berbentuk kerucut.
Proses memasaknya pun dengan cara dikukus, untuk lebih menambah selera biasanya kasoami ini disajikan bersama ikan parende ataupun ikan bakar beserta sambal colo-colo khas Wakatobi.

2. Luluta / Nazi Bambu

Wanci adalah bagian dari wilayah Wakatobi yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu Luluta/ nasi bambu, sehingga banyak juga yang menjadikan makanan khas ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.
Rasanya yang gurih dan nikmat mampu membuat siapa saja ketagihan untuk mencobanya.
Nasi Bambu Wakatobi

Luluta atau nasi bambu ini biasanya diolah dari beras putih atau beras merah dan santan yang dimasukan ke dalam bambu, kemudian dibakar hingga matang.

Di balik prosesnya yang unik tidak heran jika rasanya pun sangat nikmat. Kalian wajib untuk mencobanya.

3. undian

Makanan khas yang satu ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan gula merah atau gula pasir dan kelapa. Rasanya begitu gurih dan lezat.
Undian Pengolahan Wakatobi

Untuk pengolahan tombole pun tidak kalah uniknya sebab makanan yang satu ini diproses dengan cara dibakar di atas batu panas, masyarakat biasa menamakan pembuatan tombole ini dengan sebutan Hebatu. Selain itu waktu pembuatannya pun dilakukan pada waktu-waktu tertentu loh.
Bagi kamu yang penasaran dengan rasanya dan bagaimana cara pembuatannya, maka silahkan berkunjung ke Wakatobi, dijamin bakalan seru ditambah lagi masyarakat yang ramah dalam menjamu para wisatawan.

4. Kapusu

Makanan khas Wakatobi lainnya adalah kapusu, bahan serta proses pembuatannya yang mudah menjadikan makanan ini menjadi favorit masyarakat setempat. Kapusu terbuat dari bahan dasar yaitu jagung tua.
capuchin Wakatobi

Soal pembuatan jangan khawatir, prosesnya cukup mudah yaitu jagung tua ditumbuk hingga halus, setelah itu hasil tumbukan jagung yang telah halus dimasak, anda juga bisa menambahkannya dengan kacang merah, air yang digunakan untuk memasaknya yaitu berupa santan kental, kemudian berikan garam secukupnya. Cukup mudah bukan pembuatannya dan rasanya pun nikmat.

5. Ikan Rende

Satu lagi nih makanan yang mengundang selera makan kamu, yaitu ikan parende. Waktobi dikenal dengan hasil seafoodnya yang begitu melimpah salah satunya yaitu ikan segar.
Kerapu Rende Wakatobi

Karena ikannya yang langsung ditangkap dari laut kemudian diolah pada saat itu juga, tidak heran jika rasanya begitu segar dan nikmat. Masyarakat biasanya mengolah ikan segar hasil tangkapan dengan cara masak berkuah yang dinamakan ikan parende.

Rempah- rempah yang digunakan pun terbilang cukup sederhana yaitu bawang merah, kunyit basah, daun serai,tomat, lombok, dan garam secukupnya. Biasanya makanan khas yang satu ini paling komplit disajikan dengan kasoami. Hidangan yang cukup menarik selera makan bukan?

6. Kukure

Jenis makanan khas ini terbuat dari bulu babi yang banyak ditemukan di perairan tepi pantai, dan pastinya banyak ditemukan di daerah Sulawesi Tenggara, khususnya Wakatobi.
Kukure khas Wakatobi
 
Selain itu, makanan ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh, namun untuk membuatnya dibutuhkan keahlian khusus lho, jadi tidak sembarang dilakukan karena duri yang ada pada bulu babi ini bisa membuat kita teruka jika terkena.
Cara untuk mengolah makanan ini yaitu dengan mengumpulkan seluruh isi atau daging yang ada pada bulu babi di dalam cangkang bulu babi yang telah dibersihkan sebelumnya, setelah seluruh cangkang terisi dengan daging mentah dari bulu babi, maka dapat dikukus ataupun dibakar dengan api kecil. Setelah itu, makanan pun siap untuk disajikan.

7. Kasoami Pepe

Rasanya sungguh nikmat, kasoami pepe adalah salah satu makanan khas dan menjadi makanan andalan bagi masyarakat wanci. Yang membuat kasoami pepe berbeda dengan kasoami biasa adalah bahan serta cara pembuatannya.
Kasoami kering khas Wakatobi

Untuk proses pembuatannya kasoami pepe biasanya ditambahkan dengan lumuran minyak dan bawang goreng, setelah itu dipukul-pukul agar teksturnya menjadi lembut. Kasoami pepe ini bisa dimakan tanpa tambahan pendamping lainnya seperti lauk pauk.
Selain itu, makanan ini bisa tahan dalam jangka waktu yang cukup lama lho. Jadi, bagi yang sedang berkunjung ke Wakatobi khususnya Wanci jangan lupa untuk membawa oleh-oleh Kasoami Pepe yah!

8. Kerang Mutiara/Kima

Beraneka ragam hasil laut yang ada di Wakatobi cukup membuat siapa saja yang berkunjung ke tempat ini menjadi tergiur dengan aneka sajian kulinernya. Bagi para pecinta seafood silahkan mencoba makanan khas yang satu ini. Kima adalah salah satu jenis kerang laut yang memiliki daging yang cukup nikmat.
Shell Pearl / Kima wakatobi

Biasanya makanan khas ini paling sering disajikan dalam bentuk olahan mentah, caranya yaitu cukup dengan mengambil isi daging kima kemudian dicampur dengan air perasan jeruk nipis, untuk menghilangkan bau amis, setelah itu bisa langsung disantap.

Daging kima yang tebal dan kenyal mampu memanjakan lidah bagi siapa saja yang mencicipinya.

9. Karasi

Well, jika kamu berkunjung ke Wakatobi jangan lupa juga yah untuk berwisata kuliner dan rasakan beragam jenis makanan khasnya.
Karasi Wakatobi

Karasi adalah salah satu jenis makanan khas Wakatobi yang tidak kalah enaknya. Makanan yang satu ini memiliki bahan utama yaitu tepung beras, biasanya masyarakat membuatnya sebagai cemilan dan biasa juga disajikan dalam berbagai acara adat.
Pembuatan makanan yang satu ini juga cukup unik karena cetakan yang digunakan ketika membuat karasi terbuat dari batok kelapa yang telah di bentuk dan diberikan lubang-lubang kecil. Para masyarakat Wakatobi khususnya ibu-ibu sangat pandai dan lihai dalam membuat makanan khas yang satu ini.
Untuk kalian ketahui, bahwa makanan khas yang ada di Wakatobi selain rasanya yang nikmat, bahan yang digunakan pun cukup simple dan teknik pembuatannya unik , jadi Wakatobi sangat direkomendasikan banget deh buat kamu yang ingin merasakan aneka makanan khas Nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar