https://www.youtube.com/watch?v=7mWQ38SpEf8

Kamis, 06 April 2017

minuman khas Pontianak

Pontianak - Pontianak yang dijuluki Kota Khatulistiwa punya banyak minuman yang segar dan menggoyang lidah. Inilah aneka minuman yang wajib dicoba saat liburan ke sana.

Cocok dengan udara Pontianak di Kalbar yang panas, umumnya minuman khas dengan es adalah apa yang paling sering dicari wisatawan saat berlibur ke sana. Misalnya saja es dengan isi lidah buaya yang sangat khas di Pontianak dan lainnya.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2016) inilah aneka minuman khas yang bisa traveler coba di Pontianak:

1. Es Lidah Buaya

Pontianak menjadi lahan yang subur bagi tanaman lidah buaya. Selain memiliki banyak fungsi, tanaman lidah buaya pun dapat diolah menjadi banyak produk. Salah satunya adalah minuman yang kaya serat.

Biasanya lidah buaya disajikan dengan es dan ditambahan larutan rasa, seperti lychee atau sirup buah. Tekstur lidah buaya yang lembut pun mungkin bisa dibandingkan dengan agar-agar.

Atas kenikmatan dan kesegarannya, minuman es lidah buaya pun selalu dicari oleh traveler yang liburan ke Pontianak. Umumnya minuman ini dapat dijumpai di banyak gerai makanan yang dijual oleh warga Tionghoa.

2. Es Jeruk Pontianak



Minuman es jeruk memang banyak dijumpai di Indonesia. Tapi khusus di Pontianak, Anda harus mencoba minuman Es Jeruk Pontianak. Bukan sembarangan, jeruknya khusus berasal dari Pontianak yang rasanya manis dan tidak kecut.

Uniknya, minuman jeruk di Pontianak dibedakan lagi jadi minuman jeruk kecil dan jeruk besar. Tidak usah bingung, jeruk kecil adalah jeruk limau atau yang disebut juga jeruk sambal. Sedangkan jeruk besar adalah Jeruk Pontianak.

Bagi masyarakat Pontianak yang hidup merantau, Es Jeruk Pontianak bisa jadi adalah salah satu yang sangat dirindukan. Apalagi jika diminum saat siang hari. Segar!

3. Es Kacang Merah



Berikutnya adalah Es Kacang Merah yang banyak ditemukan di restoran peranakan orang Tionghoa di Pontianak. Sesuai namanya, bahan utama dari minuman ini adalah es kacang merah.

Selain menggunakan bahan utama kacang merah, minuman tersebut juga diberi es hingga sejumlah topping buah sebagai pepelngkap serta cincau hitam. Masyarakat setempat juga menjulukinya dengan Ce Hun Tiau.

4. Es Sari Kacang Hijau



Terakhir adalah es sari kacang hijau yang juga adalah khas Pontianak. Mendengar namanya, bahan utama yang dipakai tentu adalah kacang hijau. Minuman ini pun berbeda dengan bubur kacang hijau yang banyak dijumpai di kota besar.

Jadi, awalnya kacang hijau direbus terlebih dahulu hingga encer. Setelah itu barulah kacang hijaunya diblender hingga halus. Biasanya minuman tersebut disajikan dengan es dan ditambahkan susu kental manis agar lebih sedap.

Menarik kan? Mencicipi minuman dingin di Pontianak yang bersuhu panas pastinya wajib untuk dilakukan. Semoga dapat menjadi rekomendasi bagi Anda yang mau liburan ke Pontianak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar